
Kota Magelang (Humas) — Kantor Kementerian Agama Kota Magelang menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) pada Senin (6/10/2025), di Aula Kantor Kemenag Kota Magelang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kankemenag Kota Magelang.
Kegiatan dibuka dengan pembinaan ASN secara singkat oleh Kepala Kantor, H.M. Soleh Mubin, dan pengarahan dari H. Arif Yudha Himawan selaku Kasubag Tata Usaha.
“Kami harap seluruh pegawai mampu menggunakan dan menguasai aplikasi Srikandi, karena ini akan menjadi Langkah awal penggunaan layanan PTSP online, dan mendukung program paperless di instansi kita.” Ungkap H.M. Soleh Mubin dalam sambutannya.
Kemudian acara inti diisi dengan penjelasan tentang Aplikasi Srikandi oleh Maria Ariani Djatiningsih selaku Admin Operator Srikandi. Ia memperkenalkan aplikasi Srikandi, dan memaparkan fungsi dan manfaatnya dalam pengelolaan surat dan arsip secara digital.


Sesi berikutnya diisi dengan simulasi penggunaan aplikasi yang dipandu oleh Resqy Amaliah, selaku Tata Usaha Srikandi. Dalam sesi ini, peserta diberikan contoh langsung cara membuat, mengirim, dan menyimpan surat secara elektronik melalui sistem Srikandi.
Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh ASN Kemenag Kota Magelang mampu mengimplementasikan tata kelola arsip digital yang tertib, efisien, dan terintegrasi, sejalan dengan arah kebijakan pemerintah dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
Aplikasi Srikandi merupakan platform nasional yang dikembangkan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis secara elektronik, meningkatkan efisiensi kerja birokrasi, dan memperkuat akuntabilitas di instansi pemerintahan.
Dengan adanya sosialisasi ini, Kemenag Kota Magelang berkomitmen untuk terus bertransformasi menuju birokrasi digital yang modern, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (HS/SVS)
